Monday, September 10, 2018

Apa Itu Management Project ?

Assalamu'alaikum Wr Wb

Selamat Datang di website saya
Semoga website ini berguna bagi para pembaca sekalian

Welcome back to my blogggg
Di postingan kali ini saya akan membahas tentang apa itu management Project


A.Pengertian
   Manajemen proyek adalah sebuah disiplin keilmuan dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan (menjalankan serta pengendalian), untuk dapat mencapai tujuan-tujuan proyek.

B.Latar Belakang
  Setiap perusahaan tentunya mempunyai banyak kegiatan yang harus dilakukan, sehingga sangat membutuhkan perencanaan, pengalokasian dan pengelolaan yang baik agar pelaksanaan dari kegiatan tersebut dapat menghasilkan hasil yang paling maksimal.

C.Maksud dan Tujuan
   Agar paham Apa itu Manajement Project

D.Pembahasan
   Project Management (Manajemen Proyek) merupakan salah satu ilmu yang sangat penting dalam pengelolaan sebuah proyek. Di bawah ini kami share beberapa pengertian/definisi Project Management (Manajemen Proyek) dari beberapa ahli, antara lain :

 Pengertian manajemen proyek menurut H. Kerzner : Manajemen proyek adalah merencanakan, menyusun organisasi, memimpin dan mengendalikan sumber daya perusahaan untuk mencapai sasaran jangka pendek yang telah ditentukan. Lebih jauh lagi manajemen proyek menggunakan pendekatan hiraki vertikal dan horizontal.

 Pengertian manajemen proyek menurut Hughes dan Cotteral (2002;8-9) manajemen proyek adalah suatu cara untuk menyelesaikan masalah yang harus dipaparkan oleh user. kebutuhan user harus terlihat jelas dan harus terjadi komunikasi yang baik agar kebutuhan user bisa diketahui.

 Pengertian Project Management dalam buku Information Technology Project Management 4th edition karangan katy, manajemen proyek ialah aplikasi dari ilmu pengetahuan, keterampilan, alat-alat dan teknik untuk aktifitas proyek untuk memenuhi kebutuhan proyek.

 Pengertian manajemen proyek menurut PMBOK (Project Management Body of Knowledge) dalam buku Budi Santoso (2009:3) manajemen proyek adalah aplikasi pengetahuan (knowledges), ktrampilan (skills), alat (tools) dan teknik (techniques) dalam aktifitas-aktifitas proyek untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan proyek.

 Pengertian manajemen proyek menurut Wulfram I. Erviant (2003:19) Manajemen proyek adalah semua perencanaan pelaksanaan, pengendalian, dan koordinasi suatu proyek dari awal (gagasan) sampai selesainya proyek untuk menjamin biaya proyek dilaksanakan tepat waktu, tepat biaya, dan tepat mutu.

 Pengertian manajemen proyek menurut Nicholas (2001;9) manajemen proyak adalah manajemne yang lebih sederhana, yang operasi-operasinya berulang damana pasar dan teknologinya dapat diprediksi, ada kepastian tentang antisipasi hasil, lebih sedikit organisasi yang dilibatkan. Pengertian Project Management menurut Budi santoso (2003;3) manajemen proyek adalah kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengendalikan sumber daya organisasi perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu tertentu dengan sumber daya tertentu.

 Manajemen proyek mempergunakan personel perusahaan untuk ditempatkan pada tugas tertentu dalam proyek. Konsep Project Management diperkenalkan untuk memastikan perencanaan, pengorganisasian dan pengaturan sumber daya dilakukan dengan benar sehingga suatu project bisa berhasil. Secara garis besar ada 5 proses pada Project Management :

1. Initiation : Menentukan cakupan (scope) dari project, serta studi apakah memang suatu project layak dilakukan.

2. Planning & Design : Setelah inisiasi, project dibuat perencanaan detailnya. Fokus perencanaan adalah waktu, biaya dan sumber daya. Perencanaan harus dibuat sedetil mungkin sehingga dapat memetakan resiko-resiko yang mungkin muncul. Dengan memetakan resiko yang muncul diharapkan langkah antisipasi dapat ditentukan diawal. Nothing is called accident.

3. Executing : Saatnya action! setiap detail rencana dilakukan ditahap ini.

4. Monitoring & Controlling : Untuk memastikan bahwa eksekusi rencana berjalan sesuai target. Jika ada rencana yang dinilai tidak berjalan baik, maka pada proses ini anda dapat memberlakukan backup plan.

5. Closing : Seperti disebutkan sebelumnya, project memiliki batas waktu, maka inilah waktu untuk serah terima project.

Ada 4 hal penting yang harus dipahami oleh seorang project manager ketika melaksanakan suatu proyek, yaitu cakupan proyek (project scope), waktu pelaksanaan proyek (project timeline), biaya proyek (project cost) dan kualitas dari proyek itu sendiri (project quality). Project  Management  sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. Setiap perusahaan tentunya mempunyai banyak kegiatan yang harus dilakukan, sehingga sangat membutuhkan perencanaan, pengalokasian dan pengelolaan yang baik agar pelaksanaan dari kegiatan tersebut dapat menghasilkan hasil yang paling maksimal. Dari banyaknya kegiatan yang akan dilakukan, perlu dilakukan pengurutan kegiatan yang harus dilakukan terlebih dahulu dan tidak disesuaikan dengan lama waktu pengerjaan dan besarnya biaya yang dibutuhkan. Banyak hal yang harus dilakukan dalam Project Management. Mengurutkan kegiatan yang akan dilakukan, pengalokasian biaya untuk setiap kegiatan dan perhitungan lama waktu pengerjaan yang tentunya kelak akan  mempengaruhi kualitas dari hasil kegiatan tersebut. Setelah melakukan perencanaan tersebut, juga tetap harus dilakukan pengawasan dan controllingv terhadap proses pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut sehingga tidak mengganggu kegiatan lainnya. Profesi sebagai seorang Project Manager mempunyai peran yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Tapi juga perlu keahlian khusus dan ilmu yang dalam terkait dengan Project Management. Dampak dari perkembangan teknologi saat ini juga mendukung pekerjaan sebagai Project Manager, dimana terdapat banyak program pendukung dalam perencanaan dan pengalokasian kegiatan yang akan dilakukan. Namun, tetap memerlukan pengetahuan yang baik mengenai Project Management dalam menganalisa dan mempertimbangkan kegiatan yang menjadi prioritas perusahaan sehingga dapat dengan tepat mengalokasikan biaya dan waktu pengerjaan dan juga mengukur standar dari tingkat kualitas yang diharapkan atas hasil dari kegiatan tersebut.

E.Kesimpulan
   Project Management sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. Setiap perusahaan tentunya mempunyai banyak kegiatan yang harus dilakukan, sehingga sangat membutuhkan perencanaan, pengalokasian dan pengelolaan yang baik agar pelaksanaan dari kegiatan tersebut dapat menghasilkan hasil yang paling maksimal.

F.Referensi
  http://pengertianmanage-ment.blogspot.com/2014/08/pengertian-project-management.html
  https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_proyek
  https://sbm.binus.ac.id/2016/08/16/pentingnya-project-management/

Ya sekian yang dapat saya sampaikan
mohon maaf banyak salah didalam blog ini, karna kesempurnaan hanya milik Tuhan YME
Terimakasih telah membaca blog ini, saya harap blog ini berguna bagi para pembaca

jika masih ada yang belum jelas bisa kalian tanyakan dikolom komentar
kritik dan saran juga boleh

Maturnuwun...

Wassalamu'alaikum Wr Wb